Selamat Datang di Website Resmi KOHANUDNAS Labda Prakasa Nirwikara KOHANUDNAS SIAGA SENANTIASA SELAMAT BERTUGAS DAN TETAP SEMANGAT MENJAGA NKRI

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.”

by Jendral Sudirman

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk dapat meraih kesuksesan adalah dengan selalu mencoba sekali lagi.”

by Thomas A Edison

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

by Panglima TNI Jendral Moeldoko

In order to succeed you must fail, so that you know what not to do the next time. Agar bisa berhasil, terkadang Anda musti gagal dulu, sehingga Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan di waktu berikutnya.

by Anthony J. D’Angelo

Pengunjung Aktif : 4

Pengunjung Hari Ini : 106

Satrad 234 SIBOLGA
SATRAD 27 Agustus 2013

Radar yang dioperasionalkan di Satrad 234 Sibolga adalah Radar Thomson TRS 2215 D buatan Prancis. Satrad 234 Sibolga bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan kesiapan operasional Radar dan komlek dalam rangka pertahanan udara serta melaksanakan tugas khusus/kegiatan lain sesuai kebijaksanaan dari Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional dalam mendukung tugas  Kohanudnas.  Radar ini  terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

 

- Antena Sistem.  Antena sistem ini dirancang sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan dalam setiap kegiatan operasi.

 

U   - Unit Transmitter.  Unit ini mencakup pilot oscillator dan rangkaian amplifier secara bertingkat dengan band width yang cukup lebar.

 

·   - Unit Penerimaan dan pemrosesan signal (reception and processing system).  Unit ini mampu beroperasi secara otomatis dan menggunakan remoting sistem.

 

Dengan ketiga sistem ini, maka radar memilikikelebihan dalam melaksanakan pengawasan dan pertahanan udara, antara lain;

 

-Mampu melaksanakan pendeteksian sasaran pada jarak 510 km dengan tracking up sampai 32 derajat sudut elevasi,

-Menggunakan phase electronic scanning dan dapat beroperasi dengan frekuensi random (frequensi agility).

-Mampu mengukur ketinggian dalam pendeteksian terhadap pengaruh bumi seperti awan, hujan dan benda-benda yang tidak bergerak seperti gunung, karena dilengkapi dengan peralatan lainnya seperti MTI dan automatic clutter processing.

-Mempunyai range resdution yang tajam dalam menbedakan beberapa sasaran yang berdekatan, karena didukung dengan sistem monopulse compression yang canggih.

-Pemancaran/pengarahan Beam yang dapat diprogram sesuai dengan sektor yang diinginkan, sehingga mampu mengawasi wilayah udara dari ketinggian minimum sampai ketinggian maksimum dan tahan terhadap gangguan sekelilingnya.

Komandan Satrad 234 Sibolga saat ini adalah Letkol Lek Bambang Suyanto 

 

Gallery Video
Login User
Galeri Foto
Pusdiklathanudnas merupakan satuan pelaksana pendidikan dan latihan dari Kohanudnas dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel organic maupun non organic yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Kohanudnas. Pusdiklat Hanudnas bertugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan spesialisasi sishanudnas bagi personel organik maupun non organik yang dipersiapkan untuk ... Selengkapnya