Selamat Datang di Website Resmi KOHANUDNAS Labda Prakasa Nirwikara KOHANUDNAS SIAGA SENANTIASA SELAMAT BERTUGAS DAN TETAP SEMANGAT MENJAGA NKRI

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.”

by Jendral Sudirman

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk dapat meraih kesuksesan adalah dengan selalu mencoba sekali lagi.”

by Thomas A Edison

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

by Panglima TNI Jendral Moeldoko

In order to succeed you must fail, so that you know what not to do the next time. Agar bisa berhasil, terkadang Anda musti gagal dulu, sehingga Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan di waktu berikutnya.

by Anthony J. D’Angelo

Pengunjung Aktif : 34

Pengunjung Hari Ini : 236

Kosekhanudnas II
SATRAD 30 September 2014

Makosekhanudnas II Makassar merupakan Komando pelaksana operasi pertahanan udara.  Kosekhanudnas bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan 0perasi   pertahanan   udara di   wilayahnya   sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudnas untuk mendukung tugas Kohanudnas     Kosekhanudnas II dipimpin oleh seorang Panglima yang bertanggung jawab kepada Panglima Kohanudnas. 

     Kosekhanudnas II memiliki wilayah tanggung jawab terhadap pertahanan udara di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan Timur dan Kalimantan  Tengah. Sistem yang digunakan Kosekhanudnadnas II saat ini adalah system Thales yang merupakan produk dari Perancis.   Sistem yang telah digunakan di tahun 2008 ini, metode penggunaannya dengan komputer sehingga dapat menampilkan data situasi udara. 

Makna dan Arti Gambar    :

 

- Tali melingkar tidak terputus, warna biru muda yang berarti Lambang Persatuan dan Kesatuan.

- Daun Kapas dan Bunga Kapas, daun berjumlah tujuh belas, warna hijau dan bunga berjumlah delapan warna putih, yang berarti tanggal 17 dan bulan 8.

- Padi, warna kuning berjumlah empat puluh lima yang berarti tahun 1945.

 

- Unsur Pertahanan Udara :

 

       -Pesawat Buru Sergap dan asap berwarna silver

 

       - Radar, warna silver

 

       - Rudal dan asap berwarna silver

 

       - Kapal KRI berkemampuan Hanud, warna silver

 

- Laut, warna biru dan ombak warna putih.

 

- Daratan/Gunung, warna hitam.

 

- Api Abadi, berjumlah lima warna merah yang berarti semangat Pancasila.

 

- Pita, warna kuning dengan tulisan hitam ”NITTI JAYA ANTARIKSHE”, berasal dari bahasa Sansekerta yang arti perkatanya yaitu :

 

       -  NITTI, berarti menciptakan atau mewujudkan.

 

       -  JAYA, berarti kejayaan atau keberhasilan.

 

       -  ANTARIKSHE, berarti Antariksa, Dirgantara atau Udara

 

NITTI JAYA ANTARIKSHE, berarti ”Menciptakan/mewujudkan Kejayaan di Udara”.

 

      Pengertian   secara   keseluruhan   dari lambang tersebut adalah : dengan selalu memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa, dan dengan segenap daya serta upaya Kosek Hanudnas II menyiapkan dan menyiagakan unsur Hanud guna mempertahankan, menjaga kedaulatan dan keutuhan Wilayah Udara Nasional, agar tercipta Persatuan dan Kesatuan, seperti yang diamanatkan didalam cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Logo bewarna dasar  putih.

 

Visi dan Misi

 VISI : Memberdayakan seluruh potensi kedirgantaraan dengan potensi  pendukung lainnya, dengan meningkatkan kualitas sumber daya nasional menjadi suatu kemampuan yang handal dalam proses pembangunan.

 MISI  :   Keikutsertaan seluruh aspek kedirgantaraan dalam rangka memajukan dan mempercepat pencapaian tujuan nasional serta tetap menjaga kelangsungan hidupnya.

   Dalam melaksanakan operasi Hanud dan gelar kekuatan Alutsista, Kosekhanudnas II  juga memiliki kewenangan untuk menggunakan unsur pesawat tempur, termasuk KRI berkemampuan Hanud dan unsur  Arteleri Pertahanan Udara.  Unsur   Rudal/Meriam  tersebut  berada  di  Yon Arhanud 8 –V BRW di Sidoarjo dan Den Rudal 002-VI MLW di Bontang Balikpapan.

 

   Kosekhanudnas memiliki satuan-satuan radar dibawahnya yaitu Satrad 221 Ngliyep, Satrad 222 Ploso, Satrad 223 Balikpapan,  Satrad 224 Kwandang, Satrad 225 Tarakan dan Satrad 226 Buraen.


 

Gallery Video
Login User
Galeri Foto
Pusdiklathanudnas merupakan satuan pelaksana pendidikan dan latihan dari Kohanudnas dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel organic maupun non organic yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Kohanudnas. Pusdiklat Hanudnas bertugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan spesialisasi sishanudnas bagi personel organik maupun non organik yang dipersiapkan untuk ... Selengkapnya